Selasa, 09 Juni 2009

Tips Tubuh Langsing dan Ideal untuk Wanita


Tubuh langsing adalah dambaan setiap wanita. Tak heran banyak wanita yang rela melakukan diet yang menyiksa sekalipun, demi mendapatkan tubuh langsing. Padahal diet yang super ketat dan menyiksa, hanya akan membuat Anda stress.


Diet sebenarnya bisa dilakukan tanpa menyiksa, karena kunci utamanya adalah pengaturan pola makan yang benar dan sehat.


Bila Anda harus berdiet agar bobot tubuh menurun, lakukan dengan cara yang benar dan ada baiknya di bawah pengawasan dokter.


Bila Anda tahu strateginya, melakukan diet sebenarnya tidak terlalu rumit. Berikut kiat yang bisa Anda lakukan agar dapat langsing, tanpa menyiksa diri:


1. Hindari memikirkan hal-hal negatif

Hindari pemikiran seperti 'perut ku buncit' atau menolak makan cokelat karena takut gemuk. Gantilah dengan pemikiran bahwa tubuh Anda tetap dapat langsing, bugar dan segar. Semakin tinggi keyakinan, makin meningkat pula kepercayaan diri Anda.


Bila tergiur makanan, buatlah skala dari 1 hingga 10 kadar rasa lapar Anda. Bila rasa lapar itu berada di bawah skala 5, tundalah untuk makan walau sejenak.


Tapi bila Anda benar-benar merasa lapar, pikirkan dengan baik, makanan apa yang Anda senangi tetapi menyehatkan. Sehingga asupan tubuh tetap terjaga dan tujuan diet Anda pun tetap jalan. Bila Anda hanya ingin ngemil, cobalah mencari cemilan yang sehat, buah-buahan misalnya.


2. Perbanyak konsumsi sayur- sayuran segar

Tahukah Anda, kebanyakan wanita yang diet mengalami defisiensi magnesium. Padahal, magnesium berguna untuk mengubah makanan menjadi enerji, bukannya menjadi lemak.


Karena itu, konsumsilah lebih banyak buah dan sayur segar yang belum diolah. Sekali-sekali, untuk merangsang sistem metabolisme Anda, lakukan diet jus atau dalam sehari hanya minum jus buah atau makan sayur segar.


3. Lakukan kebiasaan-kebiasaan baik

Jika Anda memang perlu berdiet, cobalah kembangkan kebiasaan baik, seperti menjaga pola makan dengan memperhatikan label kalori yang tertera dimakanan kemasan.
Kebiasaan ini akan melatih kepedulian Anda terhadap asupan makanan. Kenali juga jenis, bahan, nilai nutrisi, dan besar kalori bahan pangan yang harus Anda konsumsi.


4. Makan porsi yang sama setiap hari

Asupan kalori yang konsisten setiap hari, sangat penting. Mengurangi makanan sehari saja, hanya akan meringankan sistem metabolisme tubuh dalam jangka pendek. Tapi justru meningkatkan massa lemak dan menurunkan metabolisme jaringan otot dalam jangka panjang.


Asupan kalori dan komposisi makanan yang berubah-ubah dalam waktu lama, akan menyulitkan usaha penurunan berat badan.


5. Tak asal kenyang dan senang

Selalu mengkonsumsi nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Makanan bernutrisi tinggi kadang memang tidak membuat kenyang dan senang. Makanan yang mengenyangkan dan membuat senang seperti gorengan, makanan berkalori tinggi dan makanan manis hanya akan membuat Anda gemuk.


6. Pertimbangkan kualitas bukan kuantitas

Bila dicermati, makanan hanya terasa benar-benar nikmat pada gigitan pertama dan terakhir saja. Dipertengahan, makanan akan terasa biasa-biasa saja. Jadi, ambillah makanan dengan porsi yang tak terlalu banyak. Cukup apa yang Anda inginkan dan butuhkan saja.


7. Banyak minum air putih

Air putih sangat penting bagi tubuh karena memegang peran vital untuk pernafasan, pencernaan, hingga sirkulasi tubuh. Air mengangkut nutrisi dan juga membuang racun dari dalam tubuh.


Air sangat bermanfaat bagi diet Anda, karena mampu menahan lapar. Air putih tawar, baik dingin, hangat, maupun panas, tak akan membuat Anda gemuk, karena air tidak mengandung kalori (zero calorie).


8. Pilih karbohidrat kompleks

Salah satu prinsip penting dalam berdiet adalah, memilih karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana seperti gula pasir, makanan mengandung gula, nasi putih, roti putih, mi instant, bubur ayam, atau minuman dan makanan manis, kurang baik bagi tubuh. Sebaliknya, karbohidrat kompleks, seperti nasi merah, roti gandum, pasta, oatmeal, ubi, jagung, atau pisang, lebih menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar